Memahami Format Kedaluwarsa Produk dari exp Hingga Use by

Santai  
Terdapat beberapa format penulisan tanggal kedaluwarsa. Foto: istimewa 
Terdapat beberapa format penulisan tanggal kedaluwarsa. Foto: istimewa

MALANG -- Konsumen saat ini harus semakin cerdas dan sadar akan apa yang mereka konsumsi. Sebab itu, keberadaan informasi yang akurat dan terperinci pada kemasan produk makanan tidak boleh diremehkan.

Dosen Ilmu Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Dahlia Elianarni menyatakan, produsen memang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi yang dapat dipercaya dan sesuai. Salah satu manfaat adanya informasi di kemasan adalah untuk mewujudkan hak konsumen memperoleh keamanan saat menikmati produk tersebut. "Sama seperti informasi mengenai tanggal kedaluwarsa. Keduanya harus mendapatkan perhatian lebih karena berkaitan dengan kualitas produk," ucapnya .

Menurut dia, tanggal kedaluwarsa pada produk makanan dapat diwakili dengan berbagai istilah dan format tergantung pada jenis produk dan wilayah. Mengenai hal ini, kata dia, terdapat beberapa macam format tanggal kedaluwarsa.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Format pertama yakni tanggal kedaluwarsa atau expiration date (exp). Ini adalah tanggal yang menandakan batas waktu terakhir produk bisa digunakan atau dikonsumsi. Setelah tanggal ini, produk dianggap tidak lagi aman atau berkualitas.

Selanjutnya, terdapat tanggal penggunaan terakhir (last use date). Format ini biasanya digunakan untuk produk-produk yang mudah rusak, seperti produk susu segar, daging, dan produk segar lainnya. Ini mengindikasikan hari terakhir produk sebaiknya digunakan.

Adapun tanggal "best before" (terbaik sebelum tanggal) umumnya ditemukan pada produk makanan kering dan tahan lama. Ini menunjukkan periode di mana produk diharapkan tetap dalam kondisi terbaik dalam hal rasa, aroma, dan tekstur. Namun, produk masih dapat aman dikonsumsi setelah tanggal ini.

Format kerap dijumpai pula adalah tanggal ‘use by’ (gunakan sebelum tanggal) yang mirip dengan ‘best before’. Format ini menunjukkan tanggal di mana produk dianggap paling baik dalam hal kualitas dan keamanan. Setelah tanggal ini, produk mungkin mulai kehilangan kualitasnya atau menjadi kurang aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, informasi komposisi pada kemasan suatu produk menjadi panduan berharga bagi konsumen. Dengan mengetahui jumlah kalori, lemak, karbohidrat, protein, dan vitamin dalam suatu produk, konsumen dapat mengatur pola makan mereka sesuai dengan kebutuhan tubuh. "Ini bisa mengurangi risiko obesitas dan masalah kesehatan," jelasnya dalam pesan resmi yang diterima Republika.

Menurut dia, informasi itu menjadi bentuk transparansi dari produsen mengenai dari mana bahan-bahan baku berasal, bagaimana produk diolah, dan apakah proses produksinya memenuhi standar keamanan. Tidak hanya menciptakan kepercayaan, informasi ini juga membantu konsumen memilih produk yang sejalan dengan nilai-nilai mereka.

Dahlia menyampaikan, saat ini terdapat berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk mengetahui takaran konsumsi makanan yang sesuai untuk tubuh. Beberapa di antaranya MyFitnessPal atau Cronometer yang menyediakan kalkulator label nutrisi. Hal ini memungkinkan seseorang memasukkan informasi dari label produk makanan dan menghitung takaran konsumsi serta nilai nutrisinya berdasarkan porsi yang diinginkan.

Hal yang pasti, kata dia, kemasan produk makanan juga memiliki peran yang vital untuk keselamatan konsumen. Informasi yang ada di kemasan juga berfungsi sebagai alat pendidikan.

Menurut dia, petunjuk tentang cara penyimpanan yang benar dan cara konsumsi yang optimal membantu konsumen memaksimalkan manfaat produk. Hal ini juga membantu dalam upaya mencegah pemborosan makanan, yang memiliki dampak besar pada lingkungan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image