Datangkan Pakar dari Spanyol, Fikes UMM Selenggarakan Seminar Internasional

News  
Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendatangkan pakar kesehatan dari Universitas Alicante, Spanyol, Ivan Hernandez Caravaca. Foto: Wilda Fizriyani 
Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendatangkan pakar kesehatan dari Universitas Alicante, Spanyol, Ivan Hernandez Caravaca. Foto: Wilda Fizriyani

MALANG -- Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyelenggarakan Seminar Internasional di Aula BAU UMM, Senin (29/5/2023). Kegiatan ini turut menghadirkan pakar kesehatan dari Universitas Alicante, Spanyol, Ivan Hernandez Caravaca.

Selain Ivan, seminar ini juga dihadiri dua pemateri lainnya dari UMM. Mereka antara lain Anggraini Dwi Kurnia dan Dyah Rahmasari.

Ketua Pelaksana Seminar Internasional, Ika Rizki Anggraini mengatakan, setidaknya ada 250 peserta yang ikut menghadiri seminar tersebut. "Itu yang dari mahasiswa, ada yang dari fisioterapi, farmasi, keperawatan dan lain-lain. Kemudian co host-nya ada empat dari beberapa kampus seperti Surabaya, Ponorogo dan beberapa STIKES," kata Ika saat ditemui Republika di UMM.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Adapun mengenai latar belakang kegiatan ini sebenarnya ditujukan ke arah internasionalisasi UMM ke depannya. Sebab itu, pihaknya menargetkan seminar ini dapat ditindaklanjuti dengan MoU, kerja sama atau lainnya dengan Universitas Alicante Spanyol.

Pihaknya juga berharap kerja sama tersebut dapat menghasilkan program pertukaran mahasiswa dengan Universitas Alicante. "Bahkan, lebih-lebih ke kerja sama nanti ke arah dosen, sebenarnya ke arah itu. Di luar dari itu sebenarnya lebih ke bagaimana caranya rencana tindak lanjut tetap ada jalan untuk komunikasi," jelas perempuan berhijab ini.

Hal serupa juga diungkapkan Wakil Rektor I UMM, Profesor Syamsul Arifin. Menurut dia, seminar ini sebenarnya tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya dengan Universitas Alicante. Hal ini semacam bentuk kolaborasi antara UMM dan Universitas Alicante khususnya dengan Fikes, Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Di samping itu, Syamsul juga berharap akan terjalin kolaborasi secara internasional antara UMM dengan Universitas Alicante. Bahkan, kerja sama juga diharapkan terjadi dengan beberapa fakultas lainnya di UMM. Hal ini penting dilaksanakan mengingat UMM sedang menggiatkan proses internasionalisasi.

"Tentu internasionalisasi itu kan intinya antara lain kita bisa berkolaborasi dengan kampus-kampus di luar negeri tidak hanya di kawasan Asia tetapi juga Eropa dan sebagainya," kata dia menambahkan.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image