Tingkatkan Pendidikan Penyintas Erupsi Semeru Melalui Bantuan Bangunan SD

News  
 PT United Tractors Tbk (UT) menyerahkan bantuan satu unit bangunan SD untuk penyintas erupsi Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: Humas UT
PT United Tractors Tbk (UT) menyerahkan bantuan satu unit bangunan SD untuk penyintas erupsi Semeru di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Foto: Humas UT

LUMAJANG -- PT United Tractors Tbk (UT) kembali memperkuat komitmennya dalam peningkatan kualitas pendidikan bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya dengan menyerahkan bantuan satu unit bangunan SD di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Rabu (1/3/2023).

Sumbermujur merupakan desa yang telah mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen-LHK) sebagai area relokasi bagi warga terdampak erupsi Semeru dari desa lainnya. Total lebih dari 2.000 kepala keluarga menetap di desa ini khususnya di kawasan Bumi Semeru Damai (BSD).

Setelah melewati masa tanggap darurat bencana dan rehabilitasi, UT mencoba memberikan kontribusi kepada penyintas erupsi Semeru dengan menyerahkan satu unit bangunan SD melalui Pemerintah Kabupaten Lumajang. Inisiatif ini termasuk wujud nyata perusahaan dalam implementasi prinsip keberlanjutan dan penerapan aspek ESG (Environmental, Social, & Governance) di bidang kebencanaan yakni UTACTION (United Tractors for Emergency and Action).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Direktur UT, Edhie Sarwono menegaskan, serah terima bangunan SD merupakan kontribusi nyata perusahaan dalam tahap rehabilitasi bagi warga terdampak bencana erupsi. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan kegiatan belajar mengajar dapat kembali beraktivitas normal. “Sebelum pembangunan SD ini selesai, UT juga telah membangun sejumlah sekolah darurat di beberapa titik bagi warga sekitar,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Republika.

Bangunan SD tersebut nantinya akan mencakup dua sekolah yang sebelumnya terdampak bencana yakni SDN Sumberwuluh 02 dan SDN Supiturang 03 dengan total mencapai 200 murid. Selain bangunan sekolah, UT juga melengkapi kebutuhan belajar mengajar lainnya seperti buku pelajaran dan fasilitas kelas.

Sementara itu, Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Lumajang, Agus Triyono menyampaikan, fasilitas pendidikan yang diberikan mampu meningkatkan dan mengembangkan kapasitas masyarakat terdampak bencana Erupsi Gunung Semeru. Hal ini dapat membuat mereka menjadi lebih waspada, sigap, dan tanggap akan bencana.

Pihaknya sangat mengapresiasi kehadiran UT di Kabupaten Lumajang sejak masa tanggap darurat bencana hingga saat ini. “Kami berharap kolaborasi akan terus terjalin kedepannya untuk keberlanjutan warga penyintas erupsi Semeru,” katanya,

Selain penyerahan bantuan fasilitas pendidikan, UT juga menyalurkan bantuan kepada UMKM setempat berupa mesin jahit baru dan mesin poles amplas variable. Bantuan tersebut bertujuan agar mampu mendorong usaha masyarakat menjadi lebih optimal. Selain itu, perusahaan turut meningkatkan kelestarian lingkungan dengan penanaman pohon di sekitar sekolah.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image