Nyeri Lutut dan Panggul Bisa Ganggu Aktivitas Masyarakat

News  
Persada Hospital meluncurkan Hip & Knee Clinic di Kota Malang, Sabtu (11/2023). Klinik ini menyediakan layanan premium satu pintu untuk pasien yang mengalami masalah kesehatan di lutut dan panggul. Foto: Wilda Fizriyani
Persada Hospital meluncurkan Hip & Knee Clinic di Kota Malang, Sabtu (11/2023). Klinik ini menyediakan layanan premium satu pintu untuk pasien yang mengalami masalah kesehatan di lutut dan panggul. Foto: Wilda Fizriyani

MALANG -- Masalah kesehatan pada lutut maupun panggul sering kali dianggap hal biasa oleh masyarakat. Padahal masalah kesehatan semisal nyeri pada lutut atau panggul dapat menganggu aktivitas masyarakat sehari-hari.

Di sisi lain, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui layanan kesehatan lutut dan panggul di Indonesia. Sebab itu, sebagian besar lebih memilih mengambil layanan kesehatan di luar negeri. "Karena memang ketika kita googling di Google, itu yang disarankan pasti ke Singapura, Malaysia," kata dokter spesialis ortopedi dari Persada Hospital Malang, Edi Mustamsir saat ditemui wartawan, Sabtu (11/2/2023).

Menurut dia, sebenarnya ada banyak layanan masalah kesehatan di Indonesia yang fokus pada nyeri lutut dan panggul. Namun kendala masyarakat hanya pada minimnya informasi yang diterima. Oleh karena itu, Persada Hospital pun meluncurkan layanan Hip & Knee Clinic.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Edi menjelaskan, Persada Hospital telah cukup lama memiliki para ahli di bidang ortopedi, rehabilitasi medis dan penyakit dalam sub spesialis rematik. Belum lagi, pihaknya memiliki tim fisioterapis yang berkualitas dan cukup baik. Tim ini biasanya ditunjukkan untuk melatih fisik pasien yang baru melaksanakan operasi.

Berdasarkan hal tersebut, Edi menilai, keberadaan klinik Hip & Knee memang sangat diperlukan. Pasalnya, selama ini layanan kesehatan tersebut dilaksanakan secara terpisah-pisah. "Jadi kenapa kita tidak buat satu layanan secara komprehensif sehingga memudahkan pasien dan juga keluarga. Satu visit bisa menyelesaikan banyak masalah," jelasnya.

Menurut Edi, sistem layanan seperti Hip & Knee Clinic ini merupakan satu-satunya di Malang Raya. Bahkan, dia mengklaim belum ada layanan serupa yang berdiri di Jawa Timur (Jatim). Sebab, kliniknya termasuk yang pertama memiliki ide unuk menyediakan sistem satu atap untuk semua masalah penyakit lutut dan panggul.

Sementara itu, Wakil Direktur Medis Persada Hospital, Ajeng Rahayuning Kusumastuti mengungkapkan alur pendaftaran layanan di Hip & Knee Clinic. Menurut dia, pasien dapat mendaftar secara daring atau langsung di rumah sakit. Setelah itu, mereka akan diarahkan ke klinik di mana pasien akan melaksanakan pemeriksaan sampai persetujuan obat dan lain-lain.

Untuk pasien yang memiliki asuransi dari perusahaan, kata dia, dapat melakukan proses pendaftaran sampai pembiayaan obat di Hip & Knee Clinic. Namun untuk pasien BPJS Kesehatan, akan dilayani di gedung terpisah. "Layanan premium untuk yang di sini (Hip & Knee Clinic)," ucapnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image