Ini Definisi Deiksis dan Jenis-Jenisnya

Santai  
Definisi deiksis dan jenis-jenis deiksis (ilustrasi). Foto: Pixabay
Definisi deiksis dan jenis-jenis deiksis (ilustrasi). Foto: Pixabay

Salam literasi!

Deiksis termasuk salah satu teori yang dibahas dalam ilmu pragmatik. Deiksis sendiri berasal dari bahasa Yunani berupa deiktikos yang berarti hal penjunjukkan secara langsung. Definisi ini tertulis dalam buku Pragmatik untuk Perguruan Tinggi karya Hindun.

Sebuah kata dikatakan bersifat deiktis apabila referennnya berpindah-pindah atau bergantung. Situasi tersebut bergantung pada saat dan tempat diujarkannya kata tersebut.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Kata seperti ‘saya, ‘sini’ dan ‘sekarang’ termasuk kata-kata deiktis. Hal ini karena kata-kata tersebut tidak memiliki referensi yang tetap.

Kondisi tersebut berbeda ketika seseorang mengucapkan kata ‘kursi’, ‘sepatu’ dan ‘rumah’. Kata tersebut saat diucapkan di mana pun dan kapan pun akan selalu sama referennnya. Sementara itu, kata ‘saya, ‘sini’ dan ‘sekarang’ baru diketahui referennya setelah pembicara, lokasi dan waktunya diketahui dengan jelas.

Deiksis sendiri terbagi atas tiga jenis, yakni deiksis persona, deiksi ruang dan deiksis waktu. Deiksis persona dicontohkan melalui kata ‘aku’, ‘saya’, ‘dia’, ‘kamu’, ‘mereka’, ‘kami’ dan sebagainya. Kemudian contoh deiksis ruang antara lain penggunaan kata ‘sini’, ‘sana’, ‘ini’, ‘itu’ dan lain-lain. Sementara itu, deiksis waktu dicontohkan melalui kata ‘minggu lalu’, ‘tahun ini’, ‘bulan depan’ dan sebagainya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image