Bantu Pertumbuhan Bibit Anggrek Melalui Teknologi Smart Garden

News  
Tim program pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) mengenalkan teknologi Smart Garden untuk petani anggrek di Kota Batu. Foto: Tim pengabdian UM
Tim program pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Malang (UM) mengenalkan teknologi Smart Garden untuk petani anggrek di Kota Batu. Foto: Tim pengabdian UM

Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan Kota Batu termasuk tempat budidaya tanaman terbaik di Jawa Timur (Jatim). Salah satu jenis tanaman yang dibudidayakan adalah anggrek.

Nidzar merupakan salah satu petani Anggrek yang terdapat di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Dia menyampaikan, budidaya tanaman hias seperti anggrek memerlukan ketelatenan, ketelitian, dan kehati-hatian. Hal ini karena tanaman anggrek tidak selalu mudah untuk dikembangkan.

“Sebagai contoh adalah ketersediaan air dalam media. Apabila kadar air terlalu melimpah maupun kurang, maka dapat berpotensi merusak anggrek,” katanya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dengan adanya permasalahan tersebut, Guru Besar Fakultas Teknik (FT), Universitas Negeri Malang (UM), Profesesor Purnomo bersama dosen Tuwoso, Suharmanto dan Johan Wayan Dika melakukan kunjungan ke wilayah tersebut. Tim program pengabdian kepada masyarakat ini berkeinginan untuk merekap seluruh data yang berkaitan dengan budidaya tanaman anggrek.

Dari kunjungan tersebut, Purnomo dan tim memutuskan untuk merekayasa teknologi tepat guna. Hal ini bertujuan untuk dapat digunakan guna mengontrol kadar air yang terdapat di media tanam anggrek. Teknologi yang didukung oleh non-APBN UM ini turut diintegrasikan dengan Internet of Think (IoT). Dengan kata lain, Smart Garden ini dapat diakses melalui ponsel petani di mana pun dan kapan pun.

Menurut dia, ehadiran teknologi tepat guna ini bermanfaat untuk membantu proses monitoring pertumbuhan bibit anggrek. Apalagi teknologi tersebut dilengkapi dengan sensor kelembaban dan kadar air pada media tanam anggrek. “Teknologi ini dikembangkan dengan tujuan membantu seluruh kebutuhan anggrek dalam beberapa aktivitas berupa pengairan, pemupukan dan pengusiran hama,” jelasnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image