Ekstrak Ikan Gabus Bisa Sembuhkan Luka di Kulit?

News  
Ikan gabus dinilai baik untuk memberikan penyembuhan pada kulit. Foto: Istimewa
Ikan gabus dinilai baik untuk memberikan penyembuhan pada kulit. Foto: Istimewa

Salam literasi!

Penyembuhan luka di tubuh merupakan proses yang kompleks dan dinamis. Hal ini karena mengaitkan dua hal dalam pemulihan struktur, yaitu sel dan lapisan jaringan yang cedera.

CEO Digdaya, Dokter Diaz mengatakan, terdapat dua faktor yang mempengaruhi pemulihan struktur kulit. Kedua faktor tersebut antara lain lokal dan sistemik. Faktor lokal berdampak langsung pada luka, seperti kadar oksigen atau mikroorganisme yang menginfeksi luka.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Sedangkan faktor sistemik berkaitan dengan kondisi kesehatan individu yang mempengaruhi kemampuan penyembuhan luka, seperti usia, stres, penyakit, dan nutrisi,” kata Diaz.

Salah satu nutrisi penting yang berperan besar dalam proses penyembuhan luka yang optimal adalah protein. Kandungan ini dinilai mampu membantu pembentukan kapiler, proliferasi fibroblas, sintesis proteoglikan, sintesis kolagen, dan remodeling luka. Oleh karena itu, meningkatkan asupan protein untuk mengoptimalkan penyembuhan dan fungsi kekebalan tubuh sangat penting.

Asupan protein ikan gabus termasuk salah satu yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan luka yang baik karena kualitasnya. Ikan gabus atau yang dikenal dengan nama ilmiah Channa striata memiliki kandungan yang sangat baik bagi tubuh terutama dalam kondisi luka. Beberapa kandungan yang dimiliki antara lain asam amino, asam lemak, asam arakidonat, asam lemak tak jenuh ganda, dan asam dokosaheksaenoat.

Menurut Diaz, kandungan ikan gabus dapat membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Pertama, ikan gabus kaya akan protein, asam amino, asam lemak, dan nutrisi penting lainnya untuk memastikan kebutuhan energi tercukupi selamat proses penyembuhan luka terjadi. Asam amino pada ikan gabus juga telah diuji klinis dan berperan penting dalam proses penyembuhan luka.

Contoh asam amino yang terkandung dalam ikan gabus adalah glisin, glutamin, dan arginin. Glisin termasuk salah satu asam amino utama yang diperlukan untuk sintesis kolagen, protein utama dalam jaringan ikat di tubuh. Glutamin memainkan peran kunci dalam tahap peradangan dan tahap proliferasi penyembuhan luka, dan juga berfungsi sebagai bahan penting untuk memulihkan sel.

“Sedangkan arginin diketahui dapat merangsang penyembuhan luka dengan mengatur fungsi imun dan mempengaruhi fungsi endotel,” ucapnya dalam keterangan resmi.

Ikan ini juga bersifat antinosiseptif yang dapat mengurangi rasa nyeri. Antinosiseptif merupakan kemampuan menurunkan sensitivitas terhadap rangsangan rasa sakit.

Channa striata telah teruji secara klinis menginduksi proliferasi sel, agregasi trombosit dan menunjukkan efek anti-nyeri sebanding dengan morfin dalam hal sifat anti-nyeri atau anti-nosiseptif. Sebab itu, pasien pasca-operasi atau ibu setelah melahirkan secara normal atau melalui operasi caesar lazim dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung ikan gabus.

Selain membantu regenerasi sel-sel dalam tubuh, ikan gabus juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan metabolisme ketika penyembuhan luka. Kemudian meningkatkan kadar Albumin dan hemoglobin, menstabilkan kadar gula pada penderita diabetes melitus, membantu mengurangi resiko jantung koroner, baik untuk otot dan pencernaan. Lalu juga bisa membantu meningkatkan kualitas ASI dan manfaat lainnya.

Berdasarkan hal tersebut, Digdaya untuk memproduksi ekstrak ikan gabus melalui produk Albunata. Hal ini bertujuan agar manfaat ikan gabus tidak hanya bisa didapatkan melalui konsumsi sehari-hari, tetapi juga dapat dikonsumsi ekstraknya.

Dengan kemajuan teknologi yang pesat, ekstrak ikan gabus berkualitas berbentuk Albunata produksi Digdaya bisa didapatkan masyarakat untuk mempercepat penyembuhan luka dan sederet manfaat lainnya bagi tubuh. Albunata tidak hanya dirancang untuk siap membantu pemulihan kesehatan yang praktis untuk diminum dan dibawa ketika bepergian, tetapi juga menjadi pendukung bagi penderita penyakit penyakit kronis untuk cepat pulih dari kondisinya.

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image