Tim Pengabdian Masyarakat SKSG UI Audiensi Dengan Bupati Jembrana

News  
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) melalui Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) audiensi dengan Bupati Jembrana I Nengah Tamb, Jumat (2/8/2024) (Dok Istimewa)
Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) melalui Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) audiensi dengan Bupati Jembrana I Nengah Tamb, Jumat (2/8/2024) (Dok Istimewa)

JAKARTA -- Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Indonesia (UI) melalui Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) mengadakan audiensi dengan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba. Pertemuan ini bertujuan mempererat kolaborasi antara UI dan Pemerintah Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali dalam upaya membangun Kota Jembrana yang lebih maju dan berdaya saing.

Wakil Direktur SKSG UI, Dr Eva Achjani Zulfa menyampaikan, kehadirannya di Kabupaten Jembrana untuk menjalin sinergi yang lebih erat dengan pemerintah Kabupaten Jembrana. Berharap dapat bersama-sama dalam upaya membangun Jembrana menjadi lebih baik.

"Kami percaya, kolaborasi antara akademisi dan pemerintah adalah kunci untuk menciptakan solusi inovatif bagi tantangan yang dihadapi masyarakat," kata Eva, Jumat (2/8/2024)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menanggapi hal tersebut, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyambut baik inisiatif dari UI dan mengungkapkan progres konkret yang telah dicapai oleh pemerintah daerah. Pemerintah Jembrana telah membangun pusat penjualan produk UMKM yang akan menjadi wadah bagi pelaku usaha lokal untuk memasarkan produk mereka secara lebih terstruktur.

"Ini adalah bagian dari upaya kami untuk memperkuat ekonomi lokal dengan memberikan ruang yang layak bagi produk-produk unggulan Jembrana," ujar I Nengah Tamba.

Bupati Jembrana juga memaparkan langkah-langkah yang telah diambil dalam pengelolaan sampah di wilayahnya. Pihaknya tengah mengembangkan konsepsi pengolahan sampah yang lebih efektif dan ramah lingkungan, termasuk program pemilahan sampah di tingkat rumah tangga dan pembentukan unit-unit pengolahan sampah di beberapa desa.

"Dengan pendekatan ini, kami berharap dapat mengurangi dampak lingkungan sekaligus menciptakan peluang ekonomi baru dari pengelolaan limbah," ujar I Nengah Tamba.

Di tempat yang sama, Tim Pengabdian Masyarakat UI, Dr Rouli Anita Velentina mengingatkan pentingnya pemahaman terkait hak kekayaan intelektual di kalangan pelaku UMKM. Selain memiliki tempat yang layak untuk memasarkan produk, para pelaku UMKM juga harus memahami pentingnya merek, paten, dan hak cipta.

"Perlindungan terhadap karya dan inovasi mereka tidak hanya melindungi usaha, tetapi juga meningkatkan nilai produk di pasar. Kami berharap, edukasi tentang hak kekayaan intelektual ini dapat menjadi bagian dari program pemberdayaan UMKM di Jembrana," ujar Velentina.

Audiensi ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk terus memperkuat kerjasama yang telah terjalin. Dengan sinergi antara UI dan pemerintah Kabupaten Jembrana, diharapkan tercipta inovasi yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat Jembrana dan menjadi contoh bagi kota lainnya.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image