SKSG UI Sosialisasi Aplikasi Data Untuk UMKM di Desa

News  
SKSG Universitas Indonesia (UI) di Desa Warnasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Kamis (1/8/2024) (Dok Istimewa)
SKSG Universitas Indonesia (UI) di Desa Warnasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Kamis (1/8/2024) (Dok Istimewa)

JAKARTA -- Dalam upaya mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Warnasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, Universitas Indonesia (UI) melalui Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) melakukan sosialisasi aplikasi data untuk UMKM. Sosialisasi berfokus pada penggunaan WhatsApp Business.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur SKSG UI, Dr Eva Achjani Zulfa menyoroti betapa pentingnya teknologi dalam mendukung kemajuan UMKM, terutama di wilayah pedesaan.

"Teknologi digital seperti WhatsApp Business dapat menjadi solusi sederhana namun efektif untuk UMKM dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan memperluas jangkauan pasar mereka," kata Eva di Desa Warnasari, Kamis (1/8/2024)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Menurutnya, aplikasi ini memungkinkan pelaku usaha untuk mengelola bisnis dengan lebih profesional, dari penawaran produk hingga layanan pelanggan.

Eva juga menyampaikan bahwa UI berkomitmen untuk terus mendampingi UMKM Desa Warnasari dalam proses digitalisasi ini. Dengan harapan dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.

"Kami berharap kegiatan ini dapat memicu semangat inovasi dan keberanian bagi UMKM untuk terus berkembang," ujar Eva.

Sosialisasi ini juga menghadirkan, Joko Purwanto seorang praktisi teknologi yang ahli dalam penggunaan aplikasi digital untuk bisnis. Dalam pemaparannya, Joko menjelaskan secara rinci cara mengoptimalkan WhatsApp Business untuk kebutuhan UMKM. Mulai dari pengaturan profil bisnis, penambahan katalog produk, hingga penggunaan fitur otomatisasi pesan, semua dijelaskan dengan cara yang mudah dipahami.

"WhatsApp Business dirancang untuk memudahkan pelaku UMKM dalam mengelola komunikasi dengan pelanggan. Dengan aplikasi ini, proses bisnis menjadi lebih efisien dan terorganisir," ujar Joko.

Ia juga memberikan contoh-contoh nyata tentang bagaimana UMKM di berbagai daerah telah berhasil meningkatkan penjualan mereka hanya dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp Business.

"Tidak perlu khawatir soal teknologi, yang penting adalah kemauan untuk belajar dan mencoba," ujarnya.

Di akhir acara, akademisi UI, Dr. Phil, in Eng. Irene Sondang Fitrinitia menyampaikan kesimpulan yang menyegarkan semangat para peserta. Menurutnya, transformasi digital bukan lagi pilihan, tapi keharusan bagi UMKM yang ingin berkembang di era ini.

"Kami berharap, setelah sosialisasi ini, para pelaku UMKM di Desa Warnasari dapat lebih percaya diri dan terampil dalam menggunakan teknologi digital untuk memajukan usaha mereka," ujar Irene.

Irene juga mengingatkan bahwa perubahan besar dimulai dari langkah kecil, dan teknologi adalah alat yang harus dimanfaatkan dengan bijak. Sosialisasi ini diharapkan menjadi awal dari perjalanan panjang menuju kesuksesan UMKM di Desa Warnasari dan sekitarnya.

Dengan sosialisasi aplikasi data untuk UMKM ini, SKSG UI berharap dapat membuka jalan bagi UMKM di Desa Warnasari untuk berkembang lebih pesat, mengintegrasikan teknologi dalam setiap aspek usaha mereka, dan pada akhirnya, berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang lebih merata di Indonesia.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image