News

Psychology Fest 2024 Angkat Isu Tiga Dosa Besar di Lingkungan Pendidikan

Psychology Fest 2024 bertajuk The Student’s Struggles: Interpreting The 3 Central Challenges of College Life di Hall Tower Polimedia, Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Dok Istimewa)
Psychology Fest 2024 bertajuk The Student’s Struggles: Interpreting The 3 Central Challenges of College Life di Hall Tower Polimedia, Jakarta, Kamis (20/6/2024). (Dok Istimewa)

Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) menyelenggarakan Psychology Fest 2024 yang bertajuk “The Student’s Struggles: Interpreting The 3 Central Challenges of College Life.” Kegiatan Psychology Fest 2024 mengangkat isu tiga dosa besar di lingkungan pendidikan yang mencakup kekerasan seksual, perundungan, dan intoleransi.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan Polimedia, Suratni menyampaikan, Polimedia sebagai perguruan tinggi vokasi berupaya menciptakan iklim pendidikan yang aman dengan membangun kesadaran terhadap isu 'tiga dosa besar' ke seluruh civitas akademika. Melalui Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Polimedia, Psychology Fest 2024 diharapkan menjadi ajang kreatif dalam mensosialisasikan kekerasan seksual.

"Psychology Fest merupakan kegiatan perdana kami dalam rangka sosialisasi kekerasan seksual di lingkungan Polimedia. Harapannya semakin sering disosialisasikan, tidak ada lagi kejadian kekerasan seksual yang sulit ditangani di Polimedia,” kata Suratni saat pembukaan Psychology Fest 2024 di Hall Tower Polimedia, Jakarta, Kamis (20/6/2024)

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Suratni mengatakan, Psychology Fest juga disemarakkan dengan berbagai lomba kreatif yang diikuti oleh 564 pelajar atau mahasiswa di seluruh Indonesia. Terdapat empat kategori lomba yang dipilih peserta yakni poster, content creative, fotografi, dan artikel.

Suratni menambahkan, kegiatan Psychology Fest menghadirkan talkshow dari dua narasumber yaitu Naomi P Joesoef selaku Head of HR Atma, dan Septi Herliana Dwi Waluyanti selaku anggota Tim Pencegahan Kekerasan Seksual, Pusat Penguatan Karakter, Kemdikbud Ristek, sebagai puncak rangkaian Psychology Fest 2024.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi rutinitas di Polimedia, dan tentunya kehadiran kedua narasumber dapat memberikan insight baru dalam upaya edukasi dan kampanye untuk membangun kesadaran terhadap isu tiga dosa besar pendidikan,” ujar Suratni.

Di tempat yang sama, Ketua PPKS Polimedia, Carrisa Dwilani Susantya menambahkan, 20 karya lomba terpilih dipamerkan di Hall Polimedia sebagai bentuk apresiasi para peserta lomba. Adapun lomba sudah dibuka sejak 27 Mei 2024 dan pengumuman pemenang lomba diumumkan secara daring pada 16 Juni 2024.

“Kami tentunya sangat mengapresiasi para peserta yang sudah berpartisipasi mengikuti lomba tersebut. Semoga ke depan bisa menghadirkan kegiatan ini dengan kemasan yang lebih kreatif lagi agar semua pihak semakin terpacu dalam mensukseskan sosialisasi kekerasan seksual,” ujar Carrisa.

Regulasi mengenai kekerasan seksual di perguruan tinggi diatur dalam Permendikbud Ristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Oleh karena itu, untuk mengimplementasikan regulasi tersebut, Polimedia terus berkomitmen menciptakan suasana belajar yang aman, nyaman, dan bebas dari kekerasan. Kegiatan Psychology Fest 2024 juga ditutup dengan pemberian hadiah ke para pemenang lomba.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0