Segudang Manfaat Kurma Ajwa Menurut Para Peneliti

News  
Kurma di Pasar Kakiyah, Makkah, Arab Saudi pada musim haji tahun 2023 atau 1444 Hijriyah. Fuji E Permana
Kurma di Pasar Kakiyah, Makkah, Arab Saudi pada musim haji tahun 2023 atau 1444 Hijriyah. Fuji E Permana

Kurma ajwa dikonsumsi tidak hanya untuk tujuan diet tetapi juga digunakan untuk pengobatan terhadap berbagai penyakit. Kurma Ajwa juga diperkaya dengan serat makanan, lipid, mineral, dan protein.

Studi fitokimia menunjukkan bahwa daging dan biji kurma ajwa diperkaya dengan fenolik dan flavonoid tertentu, yang memiliki banyak efek manfaat pada kesehatan manusia karena sifat antioksidannya yang kuat.

Studi praklinis mengungkapkan bahwa kurma Ajwa memiliki aktivitas antioksidan, anti inflamasi, anti mutagenik, hepatoprotektif, nefroprotektif, dan antikanker yang kuat.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Dikutip dari laman Sciencedirect pada Rabu (20/3/2024) dijelaskan bahwa ada sekitar 5.000 jenis kurma yang ditanam di berbagai wilayah di dunia. Jenis kurma yang paling umum adalah Aseel, Zahidi, Medjool, Mabrook, Dhakki, Halawi, Lasht, Deggla dan Bamy.

Buah kurma Ajwa lembut, kering dan buah kurma ini dibudidayakan di wilayah Madinah di Arab Saudi bagian barat. Jenis kurma Ajwa mempunyai khasiat obat yang luar biasa. Hadits dan literatur Islam menunjukkan khasiat atau manfaat dari jenis kurma Ajwa dan diyakini bahwa memakan kurma Ajwa akan menyembuhkan banyak penyakit termasuk penyakit kronis.

Kurma Ajwa merupakan kurma terpopuler dan termahal yang hanya dimiliki oleh kota suci Madinah Al Munawara dan wilayah sekitarnya di Arab Saudi. Kurma Ajwa mengandung banyak serat pangan dan berpotensi mengatasi masalah pencernaan. Kurma Ajwa berfungsi sebagai serat alami bagi tubuh.

Kurma Ajwa mengandung potasium dalam jumlah tinggi dan berperan efektif dalam kontraksi otot. Bentuk buah Ajwa bulat telur memanjang dan berukuran sedang. Warnanya merah tua pada tahap rutab dan semakin lama berubah menjadi coklat tua dengan kerutan.

Kurma Ajwa efektif untuk wanita menyusui karena membantu memperkaya ASI dengan banyak nutrisi efektif. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dari ibu yang mengkonsumsi kurma Ajwa secara teratur memiliki risiko lebih kecil terhadap penyakit dan infeksi.

Keuntungan besar lainnya dari mengonsumsi kurma Ajwa adalah kandungan zat besinya yang tinggi. Zat besi sangat penting dalam produksi sel darah merah dan juga dapat membantu mengobati dan mencegah anemia. Kurma Ajwa karena kandungan nutrisi dan manfaat kesehatannya yang tinggi dapat dianggap sebagai bahan bioaktif potensial untuk mengembangkan produk makanan yang berorientasi kesehatan. Oleh karena itu, ulasan ini difokuskan untuk merangkum studi penelitian terkini mengenai pentingnya nutrisi, komposisi fitokimia dan manfaat kesehatan dari kurma Ajwa.

Kesimpulannya, analisis data beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa kurma Ajwa berpotensi menjadi bahan pangan penting untuk pengembangan produk pangan fungsional bioaktif baru yang ditargetkan pada berbagai fungsi fisiologis tubuh manusia. Tinjauan ini telah memberikan pedoman untuk melangkah lebih jauh dalam menetapkan kemanjuran berbagai efek obat yang diamati termasuk aktivitas antikanker, pelindung gastro, pelindung hepato, dan pelindung nefro. Ini diamati secara farmakologis.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image