Mahasiswa S2 Paramadina Dorong Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Kandang Kecil

News  
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Paramadina saat menggelar program pemberdayaan masyarakat dan bakti sosial di Kota Bekasi.
Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Paramadina saat menggelar program pemberdayaan masyarakat dan bakti sosial di Kota Bekasi.

Mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Paramadina gelar program pemberdayaan masyarakat dan bakti sosial di Pondok Pesantren Darul Futuuh, Kampung Kandang Kecil, Harapan Mulya, Kota Bekasi pada Sabtu (16/12/2023).

Program pemberdayaan berupa pelatihan pengelolaan bank sampah, pelatihan budidaya maggot, serta pelatihan videografi dan fotografi untuk masyarakat sekitar. Sedangkan dalam rangka bakti sosial, juga dibagikan 250 paket sembako untuk para santri dhuafa dan warga kurang mampu di dua RT, yakni RT 03 dan RT 05/ RW 02.

Selain program pemberdayaan masyarakat dan bakti sosial, digelar juga peluncuran Perpustakaan Darul Futuuh yang diresmikan oleh PJ Walikota Bekasi, Gani Muhamad.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Saya memberikan apresiasi kepada institusi dari Universitas Paramadina yang menempatkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di wilayah kota Bekasi, tentunya terkait dengan ini kami pemerintah benar-benar bersikap proaktif dan memberikan dukungan serta manfaat yang saling menguntungkan terutama untuk warga," kata Gani dalam siaran pers, Ahad (17/12/2023)

Gani menyebut, pemberdayaan dan bakti sosial ini merupakan konsep pembangunan Pentahelix. Yaitu pemerintah, masyarakat, komunitas, akademisi, pengusaha, serta media bersinergi dan kolaborasi untuk mencapai hasil terbaik untuk menyelesaikan masalah. Sehingga terciptanya visi misi dan melahirkan gagasan yang baik.

"Karenanya sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Paramadina. Semoga masyarakat dapat mengembangkan dan memanfaatkan apa yang sudah diberikan baik itu fasilitas dan lain-lain sehingga dapat mewujudkan SDM yang unggul untuk Kota Bekasi yang lebih baik," ujar Gani.

Di tempat yang sama, panitia program pemberdayaan masyarakat dan bakti sosial Universitas Paramadina, Usmar Almarwan mengungkap alasan dipilihnya lokasi di Kampung Kandang Kecil, karena wilayah itu memiliki angka pengangguran dan anak putus sekolah yang cukup tinggi. Selain itu ada kesenjangan yang nyata di wilayah yang bersebelahan langsung dengan pusat bisnis Summarecon Bekasi tersebut.

"Sebagian besar tidak tamat SD, kemudian banyak pengangguran juga, karenanya kita menilai wilayah ini perlu diberdayakan masyarakatnya agar kesenjangan sosial antara wilayah ini yang bersebelahan langsung dengan pusat bisnis Summarecon Bekasi, dapat teratasi,” ujar Usmar.

Kebanyakan anak putus sekolah itu kemudian ditampung belajar di Pondok Pesantren Al Futuuh. Ada 35 anak sekolah yang nyantri di pondok tersebut.

Menurut Usmar, pondok tersebut tidak memungut biaya sama sekali. Karenanya mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Politik Universitas Paramadina sangat mengapresiasi keberadaan pondok dan ingin ikut berkontribusi.

Usmar juga menambahkan, di sisi lain keberadaan pondok pesantren bukanlah solusi dari seluruh masalah sosial yang ada. Terutama terkait pengangguran karena minimnya lapangan pekerjaan. Karenanya, Universitas Paramadina melalui mahasiswa Magister Ilmu Komunikasi Politik angkatan ke-22 ini, ingin memberdayakan masyarakat wilayah tersebut untuk memanfaatkan peluang ekonomi. Salah satunya dengan melakukan pengelolaan bank sampah.

“Pengelolaan bank sampah juga ternyata bisa dibarengi dengan budidaya maggot, yaitu larva lalat yang bisa dijual untuk pakan ternak, tentu ini potensi ekonomi yang dapat dimanfaatkan,” ujar Usmar.

Ia menjelaskan, untuk budidaya maggot sendiri, mereka bekerjasama dengan Joglo Larva Center Jatiasih. Komunitas ini memiliki pengalaman panjang dalam memberikan pelatihan dan pendampingan.

Bahkan pelatihan langsung dibawakan oleh Mulyanto Diharjo, pakar maggot yang telah mendapatkan penghargaan dari Pemkot Bekasi. Selain itu, mahasiswa yang kebanyakan berprofesi jurnalis juga memberikan pelatihan videografi, fotografi, dan media sosial. Tujuannya, agar masyarakat yang memiliki usaha ultra mikro memperoleh pengetahuan dasar dalam mempromosikan produk dengan karya foto dan video yang baik.

“Saya yakin dengan foto atau video promosi yang baik, mereka dapat lebih mengembangkan usaha yang telah mereka miliki,” ujar Usmar.

Kegiatan pemberdayaan ini melibatkan 150 orang warga sekitar pondok pesantren. Total ada 100 orang yang ikut pengelolaan bank sampah dan 20 orang yang mengikuti pelatihan foto dan video.

Sementara di tempat yang sama, pengasuh Ponpes Darul Futuuh, Muhammad Farhan mengungkapkan, akar masalah di wilayah ini adalah kemiskinan.

“Akarnya masalahnya adalah kemiskinan karena minimnya lapangan pekerjaan. Padahal lokasi ini bersebelahan dengan pusat bisnis Summarecon,” ujar Farhan.

Farhan menegaskan, karena tidak bekerja, mereka akhirnya tidak mampu membiayai anaknya sekolah.

Farhan juga mengakui ada SMP negeri yang gratis, tetapi anak-anak sering tidak tembus karena terbentur masalah zonasi. "Kalau lewat jalur prestasi, agak sulit. Makanya pakai melalui jalur zonasi. Tapi itupun tidak tembus karena beda zonasi, anak-anak di sini sering tidak tembus,” ujar Farhan.

Farhan berharap pemerintah Kota Bekasi membangun SMP Negeri di wilayah Harapan Mulya karena jumlah penduduknya juga sudah semakin padat. Sedangkan SMP dan SMA Negeri tidak ada.

Saat ini menurut data, ada 12 sekolah di wilayah Harapan Mulya. Untuk tingkat SD ada empat sekolah, yaitu tiga SD negeri dan satu SD swasta. Sedangkan SMP ada tujuh sekolah, semuanya adalah sekolah swasta.

“Kalau sekolah swasta, kan harus membayar, sedangkan di sini warganya banyak tidak mampu. Akhirnya banyak anak-anak putus sekolah,” jelas Farhan.

Farhan yakin, jika Pemkot Bekasi mau membangun SMP dan SMA negeri yang dekat wilayahnya, pasti angka putus sekolah akan menurun.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image