PoliMedia Terima Mahasiswa Baru Jalur SNPMB

News  
Calon mahasiswa dan mahasiswi baru. Dok Istimewa
Calon mahasiswa dan mahasiswi baru. Dok Istimewa

Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia) menerima calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Nasional Pemerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2024. Adapun penerimaan mahasiswa baru ini meliputi tiga jalur masuk, yakni Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT), dan Seleksi Mandiri.

Direktur PoliMedia, Tipri Kartika Rose mengatakan, PoliMedia membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa untuk memilih program studi berbasis industri kreatif melalui tiga jalur yang disediakan oleh Panitia Seleksi Nasional. Saat ini terdapat 23 program studi yang tersebar di tiga kampus Polimedia, yakni kampus utama di Jakarta, PSDKU Makassar, dan PSDKU Medan, yang kurikulumnya berintegrasi dengan keselarasan pendidikan vokasi dan industri.

Program studi yang dibuka oleh Polimedia terdiri dari dua jenjang yakni Program D4 atau Sarjana Terapan dan Program D3. Pilihan Prodi D4 diantaranya Animasi, Desain Mode, Teknologi Rekayasa Multimedia, Teknologi Rekayasa Pengemasan, Teknologi Permainan, Produksi Film dan TV, dan Pengelolaan Perhotelan. Untuk Program D3 diantaranya Teknik Grafika, Pemeliharaan Mesin, Desain Grafis, Penerbitan, Periklanan, Penyiaran, Fotografi, dan Seni Kuliner.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Para calon mahasiswa harus siap dan berupaya mengidentifikasi minat bakat dan perencanaan studi sesuai karier ke depan yang ingin dicapai. PoliMedia saat ini sangat mendukung para calon mahasiswa yang ingin terjun ke industri kreatif. Dengan kurikulum 70 persen berbasis praktik dan 30 persen teori inilah PoliMedia yakin dan mampu menyiapkan sumber daya manusia yang siap kerja dengan kompetensi baru,” kata Tipri, Sabtu (9/12/2023)

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Polimedia 2024, Cholid Mawardi mengatakan mekanisme penerimaan mahasiswa baru yang berlaku di PoliMedia diatur berdasarkan Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri. Mekanisme ini mulai diluncurkan serentak pada 8 Desember 2023 di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan Cholid, tahun 2023 terdapat sebanyak 4.712 calon mahasiswa yang mendaftar di PoliMedia. Dari total ini, sebanyak 61 persen berasal dari siswa SMK, 33 persen SMA, dan 6 persen MA. Ada pun prodi yang paling banyak diminati ialah Prodi Penyiaran (519 peminat) untuk jenjang D4 dan Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia (732 peminat) di jenjang Sarjana Terapan atau D4.

“Sekolah diharapkan dapat memaksimalkan kuota sekolah yang disediakan berdasarkan mekanisme tersebut. Untuk sekolah dengan akreditasi A memiliki kuota 40 persen siswa terbaik di sekolahhnya, akreditasi B sebanyak 25 persen, dan sekolah dengan akreditasi C memiliki kuota 5 persen,” ujarnya.

Mengacu pada mekanisme Panita Seleksi Nasional, urai Cholid, jalur SNBP dimulai dengan alur pengumuman kuota sekolah, masa sanggah kuota, registrasi akun SNPMB sekolah, registrasi akun SNPMB siswa, dan berakhir pada pengumuman hasil SNBP pada 26 Maret 2024.

Sementara untuk tahap jalur SNBT dilaksanakan dalam dua gelombang, yaitu Gelombang 1 pada 30 April 2024 dan 02-07 Mei 2024 sedangkan Gelombang 2 pada 14-20 Mei 2024. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBT pada 13 Juni 2024.

“Panitia Seleksi Nasional secara jelas dan terbuka menginformasikan penerimaan mahasiswa baru 2024 melalui laman tersebut, termasuk kuota PoliMedia yang akan disampaikan kemudian di laman,” jelas Cholid.

Cholid mengatakan, PoliMedia sesuai visi dan misinya akan terus berupaya maksimal agar menjadi lembaga perguruan tinggi vokasi terkemuka dan unggul di bidang industri kreatif pada 2030 di Asia Tenggara. Perkuliahan yang berbasis industri dan wirausaha tentunya mengedepankan project based learning dan teaching factory.

Oleh karena itu, momentum Penerimaan Mahasiswa Baru ini dapat dimanfaatkan oleh calon mahasiswa mengenal potensi diri dan mengajak mereka bergabung bersama PoliMedia melalui kurikulum yang disediakan.

“Prestasi-prestasi yang diraih PoliMedia saat ini tentunya hasil kerja keras dan cara berpikir kreatif yang dihasilkan oleh seluruh sivitas akademika. Kami mengajak para calon mahasiswa untuk menjadi kreator muda dan mengembangkan kreativitas bersama di PoliMedia," ujarnya.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image