Polimedia Dampingi SMK Pusat Keunggulan Dongkrak Ekosistem Vokasi

News  
Polimedia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Dok Istimewa 
Polimedia melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Dok Istimewa

Praktik baik kolaborasi perguruan tinggi, SMK Pusat Keunggulan, maupun Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) terus dilakukan untuk menyiapkan lulusan yang kompeten dan mengikuti perkembangan industri. Berangkat dari hal itulah, Politeknik Negeri Media Kreatif (Polimedia) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) Dengan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta dan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan 15 SMK PK 2023 dan MoU PKS dengan 14 mitra industri DUDI di Aula Polimedia (21/9/2023).

"Kerja sama ini menjadi salah satu kunci mengoptimalkan penyelarasan yang menyeluruh bagi SMK, perguruan tinggi, dan mitra industri untuk mendapatkan praktik baik dalam menciptakan pembelajaran yang lebih relevan," kata Direktur Polimedia, Tipri Rose Kartika di Jakarta, Jumat (22/9/2023).

Tipri Rose mengatakan bahwa penandatanganan MoU tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan vokasi. Tahun ini merupakan tahun ketiga Polimedia dipercaya mendampingi SMK Pusat Keunggulan memastikan kompetensi para siswa sesuai dengan kebutuhan DUDI.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kami ingin terus berkolaborasi dan bersinergi agar ekosistem vokasi menjadi lebih maju dan lulusan SMK bisa melanjutkan ke perguruan tinggi," ujar Tipri Rose.

Pada kesempatan yang sama, Sub Koordinator Kurikulum dan Penilaian SMK, Erni Mawarni turut mendukung adanya kerja sama ini. Apalagi model pembelajaran saat ini dituntut lebih modern untuk mengakomodasi potensi para siswa. Sehingga perlu dilakukan upaya-upaya yang masif dalam meningkatkan hubungan kerjasama dengan berbagai pihak.

"Kami berharap model pendampingan ini makin menambah SMK Pusat Keunggulan setiap tahunnya, sehingga program ini akan lebih besar yang berkolaborasi bersama perguruan tinggi dan industri," ujarnya.

Adapun penandatanganan perjanjian kerja sama ini selanjutnya akan dikembangkan dalam kegiatan pendampingan Polimedia dan DUDI ke SMK Pusat Keunggulan hingga akhir tahun 2023. Kegiatannya antara lain koordinasi, pendampingan dan diskusi kelompok terpumpun (FGD) dengan mitra DUDI, pelaporan hingga evaluasi.

Pada 2023 ini menjadi tahun ketiga Polimedia menjadi perguruan tinggi pendamping pada pengembangan SMK Pusat Keunggulan. Targetnya tahun ini Polimedia menjadi PTP percontohan yang sukses mendampingi SMK menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan vokasi di Indonesia

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image