Majelis Hukama Muslimin Umumkan Pemenang Lomba Video Persaudaraan Manusia

News  
Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin (MHM) Cabang Indonesia. Dok Istimewa
Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi anggota Komite Eksekutif Majelis Hukama Muslimin (MHM) Cabang Indonesia. Dok Istimewa

Majelis Hukama Muslimin (MHM) Cabang Indonesia hari ini mengumumkan hasil lomba video pendek toleransi dan persaudaraan manusia. Video pendek bertajuk Harmonisasi Kota Mentok terpilih menjadi juaranya.

Pendaftaran lomba video pendek ini dibuka sejak 17 Oktober hingga 30 November 2022. Total ada 78 pendaftar. Sebagai dewan juri, Lukman Hakim Saifuddin (Menag 2014 – 2019), Ahsan Andrian (praktisi dan akademisi perfilman), dan TGB Zainul Majdi (anggota Komite Eksekutif MHM).

“Alhamdulillah, cukup banyak peserta yang mengirim video pendeknya. Setelah melalui proses penilaian, dewan juri menetapkan Harmonisasi Kota Mentok sebagai pemenangnya," kata TGB Zainul Majdi dalam siaran pers, Jumat (30/12/2022).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

TGB Zainul Majdi menjelaskan, video pemenang lomba ini didaftarkan oleh peserta atas nama Rian Apriansyah. Video dokumenter ini berkisah tentang kerukunan umat beragama di Kota Mentok, Bangkat Barat, Bangka Belitung. Harmoni umat di sana tidak terlepas dari keberadaan Klenteng Kong Fuk Miau dan Masjid Jami’. Kedua bangunan ini dibangun bersebelahan dan menjadi simbol keberagaman serta toleransi umat beragama di sana, sejak zaman dulu.

Hingga saat ini, tidak ada konflik antar agama di antara mereka. Orang Tionghoa dan masyarakat muslim hidup rukun. Mereka bisa saling berinteraksi di pasar, berbagi cerita di warung kopi, hingga berbagi tempat (klenteng dan masjid) pelaksanaan suatu acara.

TGB Zainul Majdi menambahkan, juara dua adalah video pendek bertajuk Transisi. Video karya Fadrizki Pratama ini berlatar kehidupan masyarakat Kota Bekasi. Video tersebut berkisah tentang proses pengurusan izin mendirikan rumah ibadah. Tidak jarang, proses ini bisa menimbulkan konflik antar umat.

"Video ini mencoba menonjolkan sisi lain dari cara berkomunikasi tokoh agama dan juga kesadaran hidup antar umat di lokasi tersebut, sehingga penyebab terjadinya konflik bisa dihindari. Video berjudul Transisi ini cukup menginspirasi tentang pentingnya toleransi," ujar TGB Zainul Majdi.

Sementara untuk juara tiga adalah video pendek berjudul "Petarung Sejati." Video karya Nur Hasanah Rahmawati ini menceritakan final pertandingan futsal antara Tim Masemba (Muslim) melawan Tim Santo Markus (Kristiani). Pertandingan itu digelar hari Minggu, dan tim Santo Markus datang terlambat karena mereka harus mengikuti Kebaktian Minggu di gereja.

Meski bisa menang telak, Masemba memilih bertanding. Bagi mereka, kemenangan bukan tujuan jika harus meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan. Pertandingan tetap berlangsung demi menghormati hak-hak beribadah saudara mereka yang beda keyakinan. Jika kalah, setidaknya mereka sudah menunjukkan jiwa sportifitas. Jika menang, merekalah petarung sejati. Kemenangan mereka didapat melalui keringat di atas lapangan, bukan karena aturan yang tak menguntungkan tim lawan.

Daftar pemenang Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia. Dok Istimewa
Daftar pemenang Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia. Dok Istimewa

Mempromosikan Nilai Toleransi

TGB Zainul Majdi menyampaikan, MHM selama ini konsern dalam upaya mempromosikan nilai-nilai toleransi, koeksistensi, dan persaudaraan manusia. Hal itu dilakukan melalui beberapa pendekatan. Pertama, penerjemahan dan penerbitan buku-buku bertema toleransi dan persaudaraan manusia.

Kedua, menggelar dialog antar tokoh agama. Ketiga, mendiseminasikan opini terkait toleransi dan persaudaraan manusia. Keempat, menggelar lomba untuk mengikutsertakan publik dalam kampanye toleransi dan persaudaraan manusia.

“Kami terus berupaya mengkampanyekan penguatan toleransi dan persaudaraan manusia. Kami berharap upaya ini berkontribusi dalam merawat harmoni di Indonesia, terlebih menjelang masuknya tahun politik,” jelas TGB Zainul Majdi.

TGB Zainul Majdi mengatakan, upaya ini juga sekaligus untuk mengenalkan kerukunan Indonesia ke dunia luar. Video pemenang lomba ini akan diterjemahkan dalam bahasa Arab dan Inggris agar bisa dinikmati juga oleh masyarakat asing, terutama jaringan Majelis Hukama Muslimin.

Sebagaimana diketahui, MHM adalah lembaga internasional berbadan hukum yang berpusat di Abu Dhabi. MHM didirikan oleh sejumlah ulama dan cendekiawan Muslim dari berbagai negara.

Saat ini, MHM dipimpin oleh Grand Syekh Al-Azhar, Prof Dr Ahmed Al Tayeb, dan beranggotakan para tokoh dan ulama dari berbagai negara. Salah satunya yang masuk sebagai pendiri dan anggota MHM adalah Prof Quraish Shihab. Semantara TGB M Zainul Majdi tercatat Sebagai anggota komite eksekutif di Kesekjenan MHM.

Di Indonesia, kantor cabang MHM mulai beroperasi pada September 2021. Sampai saat ini masih bersifat kantor virtual yang diresmikan pada 15 Desember 2021.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat akan membuka kantor faktual di Jakarta. Insya Allah dalam beberapa bulan ke depan sudah akan diresmikan kantor cabang MHM di Indonesia,” kata TGB Zainul Majdi.

Daftar pemenang harapan Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia. Dok Istimewa
Daftar pemenang harapan Lomba Video Pendek Toleransi dan Persaudaraan Manusia. Dok Istimewa
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image