Muslim Mayoritas di Indonesia, Tapi Jumlah Pengusaha Muslim Minim

News  
Pedagang merapikan susunan baju Muslim di sebuah toko di pusat perbelanjaan. (Ilustrasi) Foto: Rony Muharrman/ Antara
Pedagang merapikan susunan baju Muslim di sebuah toko di pusat perbelanjaan. (Ilustrasi) Foto: Rony Muharrman/ Antara

Pengusaha di Indonesia mencapai 3,55 persen atau sekitar 9,7 juta jiwa dari total populasi penduduk yang berjumlah 273 juta orang, berdasarkan data Kementerian Perindustrian tahun 2021. Direktur Kampus Bisnis Umar Usman, Lily Zulaeha, menyampaikan, dari total 3.55 persen jumlah pengusaha Indonesia tersebut, memang belum didominasi oleh pengusaha Muslim.

"Saat ini kita sedang berjuang bersama untuk menyebarkan semangat entrepreneurship di kalangan pemuda Muslim, dengan harapan setelah mengetahui berbagai keuntungan menjadi pengusaha, mereka akan tertarik dan memiliki minat dan kesadaran untuk berwirausaha," kata Lily kepada Republika, Kamis (24/11/2022).

Mengenai masih minimnya pengusaha Muslim di Indonesia, Lily menjelaskan, karena pendidikan dan budaya yang kurang mendukung. Pendidikan di Indonesia pada umumnya masih mencetak karyawan. Faktanya tidak ada atau hanya sedikit pendidikan tentang pola pikir entrepreneur, financial literasi, dan lain sebagainya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Ia mengatakan, mengenai budaya yang kurang mendukung, contohnya banyak orang tua yang menginginkan anaknya untuk bekerja di perusahaan besar. Karena ada kepastian penghasilan setiap bulannya jika bekerja di perusahaan besar.

"(Terkait budaya yang kurang mendukung), pertanyaan paling mendasar yang sering ditanyakan adalah sudah lulus kuliah nanti mau kerja di mana," ujar Lily.

Sebelumnya, Lily menjelaskan, pengusaha di Indonesia yang jumlahnya mencapai 3,55 persen, jumlah itu sudah melebihi angka minimal pengusaha di negara berkembang. Ini mengacu pada penelitian Mc. Celland, Harvard University, sebuah negara akan mencapai tingkat kemakmuran jika minimal 2 persen jumlah penduduknya merupakan pengusaha.

"Namun, jika melihat pertumbuhan pengusaha di berbagai negara Asia, seperti Singapura (8,7 persen), Jepang (10 persen), dan Malaysia (6 persen), tentu Indonesia masih terbilang cukup jauh tertinggal," jelas Lily.

Ia menjelaskan, ironi lain mengungkapkan bahwa penduduk Muslim Indonesia saat ini tercatat sebanyak 237 juta jiwa atau setara dengan 86,9 persen. Berdasarkan data Kemendagri tahun 2021). Tetapi dari sepuluh pengusaha yang meraih kekayaan tertinggi di Indonesia hanya satu yang merupakan seorang Muslim. Terlebih, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyampaikan, dari 100 orang miskin, sebanyak 90 persen diantaranya beragama Islam.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image