Spirit of Aqsa Luncurkan Kitab 40 Hadits Pilihan Baitul Maqdis

News  
Pembacaan serta penjelasan 40 Hadist Arbain Baitul Maqdis pilihan oleh Syeikh Dr. Tajuddin Al-Abbasy dari Markaz Khidmah As-sunnah An-Nabawiyah dan Ustaz Dr. Umar Makka sebagai Sekjen Spirit of Aqsa di Aula Masjid Al-Ikhlas Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (11/9/2022). Foto: Istimewa
Pembacaan serta penjelasan 40 Hadist Arbain Baitul Maqdis pilihan oleh Syeikh Dr. Tajuddin Al-Abbasy dari Markaz Khidmah As-sunnah An-Nabawiyah dan Ustaz Dr. Umar Makka sebagai Sekjen Spirit of Aqsa di Aula Masjid Al-Ikhlas Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (11/9/2022). Foto: Istimewa

Spirit of Aqsa (SoA) bekerjasama dengan Markaz Khidmah Sunnah dan Sirah Nabawiah meluncurkan kitab Arbain Tajiyah fi Fiqhiyat wa Fadhail Ardhil Maqdisiah (40 Hadits Pilihan Baitul Maqdis). Dua lembaga tersebut merupakan unit yang berada di bawah AQL Islamic Center.

Buku hadits tersebut ditulis oleh Syekh Tajuddin Al-Abbasi bekerjasama dengan tim Edukasi Spirit Of Aqsa. Syekh Tajuddin merupakan ulama hadist asal Sudan yang telah memegang sanad berbagai kitab hadits, seperti Shahih Bukhari-Muslim.

Peluncuran buku tersebut digelar di Aula Masjid Al-Ikhlas Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Ahad (11/9/2022). Acara launching disertai sanadisasi kitab tersebut yang diikuti sekitar 50 peserta dari kalangan asatidz (pengajar).

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

“Syekh Tajuddin memberikan ijazah sanad untuk para peserta. Asatidz yang memenuhi syarat diberi ijazah untuk diajarkan kembali di majelis mereka masing-masing,” kata Direktur Harian SoA, Ustaz Ridwan Hakim dalam siaran persnya, Rabu (14/9/2022).

Kitab Arbain Tajiyah fi Fiqhiyat wa Fadhail Ardhil Maqdisiah berisi 40 hadits pilihan yang berkaitan tentang Baitul Maqdis. Ada tiga tema utama yang disorot yakni akidah terkait Baitul Maqdis, fikih tentang Baitul Maqdis, dan sejarah Baitul Maqdis yang termaktub dalam hadits-hadits.

“Isi buku mencakup terkait hal-hal akidah Baitul Maqdis, terkait fikih Baitul Maqdis, dan terkait sejarah Baitul Maqdis. Kemudian syekh memilih hadits-hadits yang shahih, dari Shahih Bukhari-Muslim ada 26 hadits. Kemudian, Kutubuts Tsunan, Kutubut Tis’ah,” ujar Ustaz Ridwan.

Ustaz Ridwan menjelaskan, peluncuran buku tersebut merupakan cara SoA menyebarkan edukasi tentang Baitul Maqdis secara luas di tengah masyarakat. Kitab ini tidak hanya untuk di Indonesia, tapi bisa dipakai untuk umat Islam di seluruh dunia.

"Ini salah satu cara Spirit Of Aqsa menyebarluaskan edukasi terkait Baitul Maqdis, dengan menggandeng para asatadiz, supaya masyarakat lebih paham dan mengerti tentang kedudukan Baitul Maqdis, dan tergerak untuk membela Baitul Maqdis,” jelas Ustaz Ridwan.

ia menyampaikan, memang sudah banyak ulama yang menulis buku hadits tentang Baitul Maqdis. Tapi, hal yang membedakan buku ini terletak pada pemilihan diksi setiap bab.

“Pada pemilihan diksi bab yang membaca diksi babnya saja orang sudah teredukasi. Jadi, pemilihan ini juga merupakan kerjasama, karena memang Syekh Tajuddin menyusun babnya, memperlihatkan kepada SoA untuk disesuaikan dengan edukasi terkini yang dibutuhkan oleh masyarakat Islam, terkhusus umat Islam Indonesia,” ujar Ustaz Ridwan.

Pemilihan 40 hadits merupakan kebiasaan para ulama terdahulu dalam mengklasifikasi hadits untuk dijadikan buku. Banyak ulama yang menulis kitab 40 hadits di bidang fikih, akidah hingga seni. Buku paling terkenal adalah Kitab Arbain An-Nawawi.

Atas dasar itu, Syekh Tajuddin menulis buku 40 hadits pilihan tentang Baitul Maqdis. Dengan begitu, masyarakat Muslim mendapatkan perspektif baru tentang Baitul Maqdis dari sudut pandang hadits-hadits Rasulullah SAW. Semua hadits-hadits yang dipilih memiliki sanad hadits dan kebanyakan diambil dari kitab Shahih Bukhari-Muslim, yakni sebanyak 26 hadits.

Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image