Bukan Kampanye Politik, Kedai Rakyat Sediakan Makan Gratis

Santai  
Menu gratis di Kedai Rakyat di Jalan Terusan Haji Nawi tepatnya di depan Perumahan Bukit Sutera, Kelurahan Sarua, Kecamatan Bojongsari, Depok.
Menu gratis di Kedai Rakyat di Jalan Terusan Haji Nawi tepatnya di depan Perumahan Bukit Sutera, Kelurahan Sarua, Kecamatan Bojongsari, Depok.

Kedai Rakyat ingin memberikan layanan terbaik kepada konsumen yakni rakyat Indonesia. Untuk mengekspresikan niat baiknya, Kedai Rakyat menyediakan makanan gratis untuk menu makanan tertentu. Makanan tersebut boleh diminta dan dimakan siapa saja, cukup dibayar doa.

Kedai Rakyat mulai menyediakan makanan gratis pada Ahad (19/6/2022). Untuk saat ini, makanan yang diberikan secara gratis adalah bubur ayam, bubur kacang ijo plus ketan hitam, dan ketan susu keju.

Kang Cotek, penjaga Kedai Rakyat, mengatakan, kegiatan menyediakan makanan gratis ini tidak ada hubungannya dengan kampanye politik, meski orang-orang sudah membicarakan tahun 2024. Kedai Rakyat hanya usaha kecil milik rakyat kecil.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

"Kegiatan menyediakan makanan gratis ini murni hanya ingin berbagi bersama orang-orang yang ingin makanan gratis," kata Kang Cotek saat diwawancarai Literat Network Republika, Ahad (19/6/2022).

Kang Cotek menyampaikan, Insya Allah, Kedai Rakyat akan menyediakan makanan gratis untuk beberapa hari ke depan tapi terbatas porsinya. Makanan gratis itu boleh diminta dan dimakan siapa saja, cukup dibayar oleh doa.

Suasana Kedai Rakyat pada Ahad (19/6/2022) sore.
Suasana Kedai Rakyat pada Ahad (19/6/2022) sore.

Bubur ayam yang diproduksi Kedai Rakyat menggunakan bumbu khusus buatan sendiri, bukan bumbu pasar. Kang Cotek memastikan rasa bubur ayamnya pasti berbeda dengan bubur ayam lainnya.

Ketan susu keju juga dimasak dengan cara tradisional. Sehingga memiliki cita rasa yang unik. Begitu pula dengan bubur kacang ijo plus ketan hitam, dimasak dengan sungguh-sungguh untuk melayani konsumen.

"Tadi ada beberapa ojek yang mampir ke sini mencicipi bubur ayam, bubur kacang ijo plus ketan hitam, dan ketan susu keju, semua gratis. Ada juga orang yang beli menu lain yang tidak gratis tapi saya tambah dengan memberikan menu gratis lainnya," ujar Kang Cotek.

Ketan Susu Keju di Kedai Rakyat
Ketan Susu Keju di Kedai Rakyat

Kang Cotek menegaskan, Kedai Rakyat benar-benar menyediakan menu makanan untuk rakyat tapi tetap sehat. Ada menu nasi telur yang dijual hanya Rp 8.000 per porsi. Telur dimasak menggunakan minyak bawang dan bumbu rempah-rempah racikan Kedai Rakyat kemudian disiram dengan kecap di atas nasi.

Menurut Kang Cotek, menu nasi telur ini cocok untuk orang yang ingin makanan cepat saji, murah dan sehat.

Nasi Telur dari Kedai Rakyat, Rp 8.000 per porsi.
Nasi Telur dari Kedai Rakyat, Rp 8.000 per porsi.

Selain itu, ada menu mi tektek goreng dan mi tektek rebus. Mi dicampur sayuran, dimasak ulang dengan bumbu racikan Kedai Rakyat, diberi daging bakso, sosis dan ayam. Harganya hanya Rp 15.000 per porsi.

Kang Cotek mengatakan, menu umum lainnya di Kedai Rakyat ada mi goreng dan mi rebus, bisa pakai telur, sosis, dan daging bakso. Ada juga roti bakar rasa coklat dan keju.

Kang Cotek menambahkan, Kedai Rakyat juga menyediakan pastel, piscok, cireng ayam, pangsit dan goreng pisang crispy. Gorangan ini digoreng dadakan agar konsumen tetap bisa menikmati gorengan yang hangat dan segar.

"Tentu ada juga telur ayam kampung direbus setengah matang, es jeruk asli, teh tubruk yang terasa enak tehnya, dan minuman panas serta dingin lainnya, di kedai ini kita menggunakan batu es yang dibuat dari air yang telah matang, bukan air mentah yang tidak sehat," jelas Kang Cotek.

Kang Cotek menegaskan, berdagang adalah ikhtiar di dunia, di samping mencari keuntungan, berdagang juga untuk membantu orang lain yang membutuhkan makanan cepat saji. Jadi berdagang adalah profesi mulia jika tujuannya untuk membantu memenuhi kebutuhan orang lain dengan niat yang baik dan cara yang benar. "Itu kesepakatan saya dan pemilik dalam menjalankan Kedai Rakyat," kata Kang Cotek.

Kedai Rakyat berada di Jalan Terusan Haji Nawi tepatnya di depan Perumahan Bukit Sutera, Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Depok. Dekat dengan wilayah Pondok Petir dan Pamulang, Tangerang.

Suasana Kedai Rakyat pada malam hari.
Suasana Kedai Rakyat pada malam hari.
Ikuti Ulasan-Ulasan Menarik Lainnya dari Penulis Klik di Sini
Image

0

Jadi yang pertama untuk berkomentar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@republika.co.id (Marketing)

× Image